BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


2015, Kinerja BLUD RSUD Malinau Sehat

  29 September 2016

MALINAU-Dewan Pengawas (Dewas) Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kabupaten Malinau memaparkan semua hasil pengawasan pelaksanaan kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Kabupaten Malinau tahun 2015 di hadapan Bupati, para pejabat Pemkab Malinau, Rabu (28/9) kemarin. Paparan juga dihadiri seluruh manajemen RSUD Malinau dan sejumlah pegawai RSUD yang disampaikan langsung Ketua Dewas BLUD RSUD Malinau H EA Yusmana SKM MMT.

Dalam paparannya menegaskan, ada 6 aspek yang dinilai sudah menunjukkan hasil yang cukup bagus meski terdapat beberapa yang belum maksimal. Namun semua mnunjukkan adanya peningkatan kearah yang lebih baik. Dikatakan H EA Yusmana, Hasil evaluasi kinerja BLUD RSUD Kabupaten Malinau tahun 2015 dari segi aspek keuangan nilai capaian kinerjanya mencapai 68,50 persen, aspek mutu pelayanan capaian kinerjanya mencapai 58,38 persen,  aspek mutu dan manfaat bagi masyarakat capaian kinerjanya mencapai 75,63 persen.

Dengan demikian, total skor yang diperoleh secara keseluruhnya mencapai 67,30 persen atau dengan kata lain termasuk dalam kategori sehat. “Tingkat kesehatan BLUD RSUD Kabupaten Malinau untuk Priode 2015 diperoleh nilai 67,30 termasuk BLUD Kategori sehat tingkat “A” dengan total capaian nilai kesehatan  65 atau  80," jelas H EA Yusmana di hadapan Bupati Yansen TP, Direktur RSUD  dan sejumlah manajemen BLUD RSUD Malinau dalam paparannya, Rabu (28/9) di Aula Sola Garcia  RSUD Malinau.

Lebih lanjut dikatakan H EA Yusmana, dari data hasil penilaian dan evaluasi kinerja RSUD Kabupaten Malinau tahun 2015 mengalami penurunan sebesar 14,33 persen atau dari 81,63 persen  kategori “AA” di tahun 2013 menjadi 67,30 persen kategori “A”. Walaupun demikian, tetap masuk kategori “sehat” karena dari total skor (TS) lebih besar dari 65 sampai dengan 80.

 “Ini hendaknya menjadi perhatian serius dari pihak manajemen dan pengambil kebijakan supaya meningkatkan kinerjanya dari semua aspek sehingga pada evaluasi dan penilaian kinerja tahun berikutnya tidak mengalami penurunan lagi,” tegas mantan kepala Bappeda Malinau ini.

Untuk menggenjot kekurangan-kekurangan atau adanya penurunan dari hasil penilaian kinerja tersebut Dewan pengawas BLUD RSUD Malinau memberikan beberapa saran kepada Direktur RSUD Malinau. Antara lain pengelolaan data, pelaksanaan SPM (standar pelayanan minimal), kepuasan pasien, administrasi sistem rujukan dan perrcepatan sistem waktu pelaporan. Kemudian ketepatan penyusunan RBA 2017, pelibatan dan penugasan bidang-bidang terkait dalam mengawal kinerja RSUD Malinau, pengendalian terhadap mutu pelayanan, peningkatan koordinasi dengan institusi terkait dan penyusunan rencana strategis (renstra) RSUD Malinau.

Menurut H EA Yusmana, agar terlaksananya upaya-upaya Direktur RSUD Malinau serta dalam upaya perkembangan RSUD Kabupaten Malinau kedepan, ada beberapa dukungan yang harus dilakukan Pemkab Malinau. Yaitu dukungan kelembagaan (subag humas/hukum dan PMI), dukungan payung hukum dalam pengembangan BLUD/ usaha bisnis rumah sakit (Peratudan daerah tentang parkir kendaraan). “Kemudian dukungan pembangunan fisik (ruang rawat inap dan mess dokter dan perawat) dan dukungan diklat teknis berkelanjutan dan SDM berkompetensi (MARS/Akuntansi),” ungkapnya.(ida/fly)

AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN

sumber : kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?