BERITA

Kabupaten Malinau

, Berita


Harga Komoditi Pertanian Malinau Dinilai Tinggi

  23 Agustus 2016

MALINAU-Perusahaan Daerah (Perusda) Intimung Kabupaten Malinau hingga saat ini sudah melakukan beberapa analisa tentang sejumlah komoditi atau hasil pertanian yang sekiranya bisa di jual di Kota Tarakan. Dari hasil pantauan beberapa waktu, ternyata barang komoditi yang laku di pasar Tarakan itu lebih dominan dari Kabupaten Bulungan yang harganya relatif lebih murah setelah dibandingkan dengan harga dari Kabupaten Malinau. Hal itu disampaikan Dirut Perusda Intimung Lewi Mawa SE kepada seluruh masyarakat petani dan aparat desa se-Kecamatan Malinau Barat dalam acara sosialisasi progam Beras Daerah (Rasda) Jumat (10/8).

Menurut  Lewi Mawa, ini sebuah kenyataan  dan membuat manajemen Perusda Intimung Malinau jadi bingung. Karena pada saat Perusda membeli komiditi dari masyarakat, harganya sudah tinggi dan lebih tinggi dari luar daerah.  “Kalau kami beli dari masyarakat sudah segitu tinggi, kemudian kita harus angkut ke Tarakan dan kita juga disana maka sudah pasti tidak bisa  dan barang kita nggak akan laku,” tegas Lewi Mawa.

Oleh karena itu, kata Lewi, masalah harga jual ini yang harus dipecahkan bersama-sama agar komoditi dari petani Kabupaten Malinau bisa bersaing harganya di luar daerah dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik. Untuk di Kabupaten Malinau mungkin tidak ada masalah tentang harganya yang berlaku di pasar.  “Tetapi giliran kita bicara keluar, kita harus ingat yaitu harus punya kemampuan daya saing,’ tegasnya .

Karena, sambung Lewi Mawa, dalam dalam berbisnis ini semua pihak harus bersaing secara terbuka dan sehat baik di dalam maupun di luar daerah. Seperti di Kota Tarakan sendiri misalnya, ada peluang untuk petani Kabupeten Malinau menjual beras ke Tarakan yang selama ini membutuhkan sekitar 70 ton per bulan dan selama ini di pasok dari Kabupaten Bulungan. Tapi kebutuhan ini juga mungkin masih kurang sehingga dipastikan menjadi peluang bagi petani Malinau untuk bersaing dan Malinau harus punya daya saing yang tidak hanya bicara bagaimana memproduksi saja. Tetapi juga harus mampu bersaing dalam bisnis. “Walaupun pasarnya terbuka, tapi kalau kita tidak mampu bersaing akan susah juga jadinya,” tukasnya. (ida/fly)

WIDAYAT/RADAR TARAKAN

sumber :kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?