BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Hari Ini, Malinau Gelar Pemilihan Ketua RT Serentak

  30 Mei 2016

Malinau – Setelah dianggap berhasil menjalankan program Gerakan Desa Membangun (Gerdema), Bupati Malinau Yansen TP kembali melakukan sebuah inovasi baru, yaitu pemilihan ketua RT yang bakal dilangsungkan secara serentak hari ini. Menurut Yansen, ide pelaksanaan pemilihan ketua RT serentak tersebut, agar kepemimpinan dalam menata pemerintahan juga terjadi di tingkat bawah. Sebab RT sebagai struktur pemerintah terkecil tentunya perlu mendapatkan perhatian dan diberikan peran. Hal ini sebagai langkah serius pemerintahannya dalam menangani persoalan bangsa.

“Saya berangkat dari pemikiran untuk benar-benar menangani persoalan yang selama ini menjadi masalah, maka tak ada pilihan lain, bagaimana pola menyentuh kepentingan masyarakat itu melalui pemilihan ketua RT serentak.” kata Yansen saat ditemui Radar Kaltara pasca menghadiri pembukaan MTQ ke-1 Tingkat Provinsi Kaltara di Tanjung Selor, kemarin (29/5).

Pria yang juga tercatat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Kaltara ini menjelaskan, untuk mempertajam pembangunan, salah satunya Gerdema, maka salah satu cara menggelar pemilihan ketua RT serentak secara selektif, dengan berbagai tahapan dan uji kelayakan. Sehingga nantinya hasil dari pemilihan ketua RT tersebut melahirkan kepemimpinan di tingkat bawah yang berintegritas.  “Kita fungsikan RT sebagai perangkat yang turut serta menjalankan pemerintahan, karena RT merupakan piranti dan sub sitem dari bagian pemerintahan desa dan kecamatan.” ujarnya.

Menurut pria berkacamata ini, RT perlu dijadikan sebagai kekuatan dalam prinsip pemerintahan, sebab selama ini hanya terkesan sebagai simbol. “Oleh sebab itu, kami melakukan pemilihan RT yang berkualitas, dipilih secara jelas dan masyarakat pun sadar yang dipilih adalah orang pilihan, dengan pandangan itu bagaimana pembangunan bisa berjalan dengan baik. Dalam kaitan dilaksanakan pemilihan RT maka ada sistem dan alokasi anggaran, selama ini kan di desa saja, makanya diberikan peran kepada RT,” bebernya.

(AGUSSALAM SANIP/RADAR TARAKAN)

sumber : kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?