BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Kerjasama Pariwisata, Undang Pakar dari UI

  25 Agustus 2016

MALINAU-Bupati Dr Yansen TP MSi mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Malinau mengundang para akademisi dari Universitas Indonesia (UI) dalam upaya membangun kerjasama dengan Pemkab Malinau. Karena Pemkab Malinau ingin membangun seluruh wilayah Kabupaten Malinau, karena Malinau merupakan salah satu Kabupaten Pariwisata.

Pakar pariwisata dari UI itu antara lain Professor Dr Bambang Subiyanto M.Ing, Dr Ir Wisnu Iswara MT,  Dr Ir Hendra Jaya MSi, Ir Rury Andika. Kemudian dari kelompok kerja (Pokja) Perbatasan yaitu Agus Rahman. Untuk itu, Pemkab Malinau mengundang para pakar ini untuk menyaksikan Malinau sekaligus juga mengamatinya yang pada akhirnya nanti kita akan membangun satu kerjasama mendesain infrastruktur pariwisata daerah. “Ada beberapa hal yang mungkin kita desain nanti,” tegas Bupati Yansen TP.

Hal ini, tegas Yansen TP, tidak lain dalam upaya pemerintah daerah untuk menjadikan bahwa Kabupaten Malinau ini layak menjadi destinasi wisata nasional. Oleh karena itu, kunjungan dari dari para akademisi dari UI ini diharapkan dapat  menjadi perhatian semua pihak. “Walapun hanya sekadar padangan mata, nanti baru terkenang baru nanti akan menatap dengan baik,” kata Bupati di hadapan para akademisi dari UI tersebut.

Bupati menjelaskan, Desa Setulang adalah desa pertama yang ditetapkan Pemkab Malinau sebagai desa wisata dari 3 desa wisata lainnya. Yaitu Desa Alango dan Desa Apau Ping yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Bahau Hulu. Sedangkan yang keempat adalah Desa Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang.  Masing-masing desa ini memiliki karakter budaya tersendiri. Walaupun desa, tetapi mereka ini mampu mempresentasikan budaya dari semua aspek.

Karena, biasanya desa itu hanya menampilkan dari satu aspek atau satu tampilan saja. Tapi ini dari seluruh aspek kehidupan masyarakat bisa dieksploitasi untuk menjadi suatu tampilan budaya yang menarik di desa wisata ini. Mulai dari seni tari, seni suara, seni ukir termasuk budaya local seperti makanan dan lainnya juga bisa ditampilkan. “Dan yang paling utama, Desa Setulang ini punya kearifan lokal yang berstandar internasional. Karena mereka ini mendapatkan penghargaan kalpataru tahun 2003 silam dengan muatan kawasan hutan adat Tane Ulen seluas 4 ribu hektare yang masih virgin dan ada satu pohon, termasuk salah satu kelompok kayu terbesar di dunia,”  beber Yansen TP.

Menurut Yansen TP, desa-desa yang ditetapkan sebagai desa wisata ini punya potensi yang sangat luar biasa tetapi desainnya masih harus dipolakan untuk menjadi satu kesatuan dari budaya modern, nasional atau nusantara. Sehingga pemerintah bisa mengangkat lebih tinggi lagi kualitas desa-desa wisata ini dan tampilan budayanya. Karena di Setulang ini meski masyarakatnya merupakan suku Kenya, tapi sub sukunya Uma Lung dan punya karakter tersendiri.

Karena setiap sub-sub suku di Suku Dayak Kenya ini punya budaya berbeda-beda dan banyak sekali subnya. “Hal ini menjadi sangat luar biasanya kayanya, kalau kita ramu menjadi satu tampilan, pasti menarik. Karena dalam data nasional, ada sekitar 700 suku bangsa di Indonesia ini. Kalau diinventarisir ke lapangan, pasti akan lebih banyak lagi,” tegas Yansen TP.

Oleh karena itu, budaya dan sub suku yang ada di masyarakat dayak di kabupaten Malinau ini jika dikelola dengan baik, maka akan sangat luar biasa. Sesuai dengan rencana daerah, hal ini juga akan menjadi destinasi khusus di Indonesia. “Kalau selama ini yang kita tahu di Indonesia ini adalah pantai dan lautnya, maka di Malinau ini kita tonjolkan hutan yang masih virgin dan budayanya. Ini keunggulan Malinau,” tukasnya.  (ida/fly)

WIDAYAT/RADAR TARAKAN

sumber : kaltara.prokal.co

 

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?