BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Partisipasi Masyarakat Malinau Hilir Tinggi

  23 Agustus 2016

Sebagai tuan rumah pelaksanaan hari keluarga nasional dalam rencana kunjungan kerja Ketua TP PKK Pusat Ny Erni Gunarti Tjahjo Kumolo yang juga istri dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), untuk meninjau kampung KB di Kabupaten Malinau sudah dipersiapkan dengan matang. Sebagai kampung KB yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Malinau yaitu Desa Malinau Hilir Kecamatan Malinau Kota.  Menurut jadwal yang sudah diagendakan Pemkab Malinau, kedatangan Ketua TP PKK Pusat Ny Erni Gunarti Tjahjo Kumolo akan tiba pada 1 September, bulan depan.

Kemudian keesokan harinya melakukan pembukaan Jambore PKK tingkat provinsi Kaltara dan Malinau dan dilanjutkan dengan meninjauan kampung KB di Desa Malinau Hilir. “Kami memilih Desa malinau Hilir jadi kampung KB di Kabupaten Malinau ini dengan pertimbangan karena peran serta masyarakatnya cukup bagus. Sehingga ke depan sebagai pilot project, ini bisa menjadi tempat dan contoh bagi desa-desa di kecamatan-kecamatan yang lain nantinya,” ujar kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malinuau dr John Felix Rundupadang MPH kepada media ini, kemarin.

Hal ini kata dr John Felix, sebagai upaya untuk mendukung program Presiden RI untuk pengembangan kampung KB ini di setiap wilayah kecamatan di Kabupaten Malinau ada satu kampung KB. Oleh karena itu, Desa Malinau Hilir Kecamatan Malinau Kota ini adalah pilot project kampung KB di tahun 2016 ini yang nantinya bisa dicontoh oleh kecamatan-kecamatan lainnya.  “Karena program pemerintah pusat di tahun 2017 itu, satu kecamatan harus dibentuk satu kampung KB,” beber dr John Felix Rundupadang.

Menurut dr John Felix, di 15 wilayah kecamatan di Kabupaten Malinau bisa saja dibentuk satu kampung KB dan bisa diwujudkan. Sebab, harus dipahami bahwa kampung KB ini merupakan sebuah inovasi yang membangun masyarakat untuk mengoptimalkan 8 fungsi keluarga.  Jadi, kampung KB ini bukan hanya dipahami sebagai pelayanan kelaurga berencana dalam pengertian yang sempat seperti pelayanan kontrasepsi dan lainnya. “Tetapi dia melaksanakan 8 fungsi keluarga,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Dinkes Malinau akan mem-follow up instruksi Presiden RI terhadap pembentukan kampung KB ini dengan mencari desa-desa di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Malinau ini.

Dinkes juga menegaskan, untuk pembentukan kampung KB di wilayah kecamatan yang ada Ibu Kota kabupaten Malinau ini juga bisa dipastikan akan terbentuk dalam tahun 2016 ini. Namun akan lebih dimantapkan pesiapan pembentukan kampung KB itu setiap kecamatan itu di tahun 2017 mendatang. “Dan, untuk pembentukan kampung KB ini Dinkes juga akan tetap merujuk pada data dari kantor pemberdayaan perempuan dan KB Kabupaten Malinau dan TP PKK Kabupaten Malinau,” tegasnya mengakhiri. (ida/fly)

WIDAYAT/RADAR TARAKAN

sumber :kaltara.prokal.co

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?