BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


DPPPAS Terjun Langsung Melihat Kegiatan Sehari Belajar Di Luar Kelas

  08 November 2019

Malinau- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Sosial (DPPPAS) Kabupaten Malinau melakukan kunjungan ke SDN 005 Kuala Lapang dan SLB Malinau dalam rangka melihat langsung kegiatan Sehari Belajar Di Luar Kelas yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, pada Kamis (07/11).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Sosial Tin Alfarida, SH., MM menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan surat edaran dari Menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak tentang Pelaksanaan Kegiatan Sehari Belajar Di Luar Kelas yang kemudian ditindaklanjuti oleh pemerintah provinsi dan diteruskan kepada pemerintah daerah untuk dilaksanakan, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan yang membawahi sekolah-sekolah.

“Dan dari Dinas Pendidikan yang mengarahkan kami untuk melaksanakan atau melihat langsung kegiatan Sehari Belajar Di Luar Kelas khususnya di SLB dan SDN 005 Kuala Lapang, yang mana sekolah ini masuk dalam sekolah ramah anak berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Tin Alfarida menerangkan bahwa kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 wita, melihat kesiapan para guru dalam menyambut kedatangan para siswa dengan 3S (Senyum, Sapa, Salam). Kemudian dilanjutkan dengan cuci tangan dan berdoa sebelum dan sesudah makan, yang mana para siswa membawa sendiri bekal makanan yang telah disiapkan oleh orang tua masing-masing dari rumah.

Usai menyantap sarapan para siswa diajak untuk memeriksa lingkungan disekitar agar tetap bersih dengan membuang sampah di tempat sampah. Selanjutnya para siswa diminta untuk memadamkan lampu atau peralatan listrik yang tidak diperlukan.

Para siswa juga dipersilahkan untuk mengambil dan membaca buku di luar kelas. Setelah selesai membaca buku para siswa diajak untuk mengikuti simulasi evaluasi bencana dalam peragaan lagu dan gerak.

Terakhir para siswa bersama dengan guru dan semua yang hadir melaksanakan Deklarasi Sekolah Ramah Anak yang dipandu langsung oleh Kadis DPPPAS.

Sementara itu, Kepala SDN 005 Kuala Lapang Parsi, S.Pd menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di sekolahnya tersebut. Seperti yang diketahui bersama bahwa kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, karena di sisi lain belajar di luar kelas ini sangat bermanfaat dimana anak-anak diberi waktu dan kesempatan untuk melakukan pembelajaran di tempat yang tidak biasa yaitu di luar kelas. Siapa tahu dengan metode seperti ini anak-anak bisa lebih memahami dan bersemangat lagi dalam proses belajar,” ujarnya.

“Saya ada untuk semua”
“Bersama kita pasti bisa”
“Salam harmonis untuk kita semua”

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?