BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pimpin Rapat Konsultasi dan Konsolidasi Baznas

  23 November 2020

Malinau- Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. H. Edy Marwan, M.Si pimpin rapat Konsultasi dan Konsolidasi Baznas yang berlangsung di ruang Intulun Kantor Bupati Malinau, pada Jum’at (20/11).

Dalam rapat tersebut Drs. H. Edy Marwan, M.Si mengatakan bahwa ini adalah hari yang berbahagia khususnya bagi Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) bisa bertemu secara langsung dengan Kepala OPD atau yang mewakili dalam rangka meningkatkan peranan Baznas di Kabupaten Malinau.

“Baznas adalah satu lembaga atau organisasi yang kita harapkan dapat mengelola potensi terutama potensi bagi umat Islam sehingga Baznas ini juga mampu merambah pada tempat-tempat yang telah ditentukan salah satunya adalah OPD yang ada di Kabupaten Malinau terutama staf yang beragama Islam,” ujarnya.

Melalui pertemuan yang dilaksanakan ini kata Drs. H. Edy, diharapkan bantuan dari semua Kepala OPD untuk dapat kembali mengingatkan kepada semua stafnya yang beragama Islam untuk dapat melaksanakan kewajiban mengeluarkan zakat profesi atau zakat penghasilan sesuai dengan ketentuan hukum yang telah ditetapkan.

“Bagi umat Islam zakat adalah sebuah kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar. Kenapa? Karena ada standar hukum yang kita pegang,” ucapnya.

Dalam rapat tersebut dibahas mengenai 2 pilihan kategori pembayaran zakat profesi yaitu berdasarkan golongan dan potongan penghasilan 2,5%. Dan hasil kesepakatan bersama telah ditentukan pembayaran berdasarkan golongan dengan hitungan kategori Golongan I Rp. 5.000, Golongan II Rp. 10.000, Golongan III Rp. 20.000 dan Golongan IV Rp. 25.000.

Tapi bagi ASN yang ingin menambah atau ingin menggunakan pembayaran dengan 2,5% dari penghasilannya juga diperbolehkan.

“Bagi yang mau membayar menggunakan sistem golongan silahkan dan bagi yang ingin membayar dengan 2,5% juga silahkan,” jelasnya.

Sistem pemotongan ini akan diserahkan kepada koordinator masing-masing OPD dan akan dijemput oleh petugas Baznas yang telah ditunjuk dengan disertai kwitansi pembayaran. Diharapkan kepada semua Kepala OPD atau yang mewakili untuk menyampaikan hal ini kepada seluruh staf yang beragama Islam tentang kewajiban mereka dalam menyerahkan zakat profesi.

“Ini akan kita mulai bulan Januari tahun 2021 dan diharapkan Kepala OPD untuk dapat mengarahkan seluruh staf yang beragama Islam melalui bendahara pada masing-masing OPD menyerahkan zakat profesi,” tuturnya.

"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?