BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Bupati Kukuhkan Ny. Maylenty Wempi Sebagai Bunda Literasi Kab. Malinau

  07 Juli 2022

 

Malinau- Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H. mengukuhkan Ny. Maylenty Wempi, S.E. sebagai Bunda Literasi Kabupaten Malinau yang berlangsung di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau, pada Rabu (06/07).

Selain pengukuhan juga dilaksanakan Peluncuran Buku Bacaan Anak Berbasis Budaya Cerita Lokal Malinau dan Pelantikan Dewan Pendidikan Kabupaten Malinau periode 2020-2025.

Dalam sambutannya Ny. Maylenty Wempi, S.E. mengatakan bahwa peran dari Bunda Literasi ini sangat penting sekali karena berhubungan erat dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Malinau termasuk 5 program unggulannya terkhusus Wajib Belajar Malinau Maju.

Maylenty mengibaratkan masa depan anak-anak itu seperti pohon besar. Kemampuan membaca atau literasi adalah akarnya, pengetahuan dan keterampilan teknis adalah batang besarnya, sedangkan karakter adalah buah dari pohon itu sendiri.

"Seperti menumbuhkan pohon yang besar begitu pula cara yang akan kita tempuh untuk membangun sumber daya manusia di Kabupaten Malinau. Kita akan membangun kualitas itu dari akarnya yaitu literasi," ujarnya.

Memiliki keterampilan membaca merupakan faktor penting yang menentukan tumbuh kembang intelektual, karakter dan keterampilan anak-anak di masa depan.

"Keterampilan ini yang menjadi bekal bagi anak untuk belajar ilmu pengetahuan di level kelas selanjutnya," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H. melihat bahwa keterampilan membaca atau literasi ini sangat relevan dan berhubungan dengan visi misinya sebagai Bupati Malinau periode 2021- 2024.

"Pemkab Malinau fokus pada pengembangan sumber daya manusia karena saya meyakini bahwa era sekarang dan yang akan datang untuk mampu bersaing dengan negara lain dibutuhkan kemampuan SDM yang baik, skill yang baik, terlebih di era globalisasi saat ini," jelasnya.

Upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca ini merupakan tanggung jawab bersama karena pemerintah tidak akan mampu melaksanakan tugas itu sendiri.

"Karena itu dibutuhkan bantuan dan kerjasama dari seluruh unsur masyarakat, baik tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan, pegiat literasi dan para orang tua untuk meningkatkan keterampilan membaca anak," tuturnya.

"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua"

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?