BERITA

Kabupaten Malinau

Berita


Kadis Pendidikan Buka Sosialisasi dan Pelatihan Pegiat TBM

  31 Mei 2023

 

Malinau- Bupati Malinau dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau Dr. Dumberbril, S.E, M.M. membuka secara resmi Sosialisasi Peran Pemerintah Desa dan RT dalam mendukung TBM (Taman Baca Masyarakat) serta Pelatihan bagi Pegiat TBM.

Sosialisasi ini dilaksanakan di ruang Laga Feratu Kantor Bupati Malinau, pada Jum’at (26/05).

Dalam sambutannya Dr. Dumberbril, S.E, M.M. menerangkan taman baca merupakan salah satu elemen kunci yang mendukung proses belajar mengajar. Kehadiran taman baca masyarakat diharapkan dapat membantu masyarakat dari segala lapisan tanpa terkecuali.

Guna mencapai tujuan ini sebuah desa harus memenuhi beberapa kriteria diantaranya terdapat taman baca masyarakat atau perpustakaan desa.

“Maka disinilah peran serta seluruh masyarakat desa serta peran penting Aparatur Desa dan RT untuk memaksimalkan keberadaan taman bacaan masyarakat ini,” ujarnya.

Pemerintah telah memberi hak kepada desa agar mengelola dana desa. Salah satunya untuk pengelolaan taman baca masyarakat demi peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini dimaksud agar program pemerintah daerah dalam mendukung pendidikan di Malinau baik melalui pendidikan formal (PAUD/ SD/ SMP/ SMA) akan semakin optimal bila dikolaborasikan dengan pendidikan Non Formal contohnya lewat taman bacaan masyarakat.

“Jadi mari gunakan kesempatan ini untuk menebar hal baik dan bermanfaat bagi desa saudara. Mulailah dari diri sendiri, keluarga, lingkungan RT sehingga masyarakat desa dapat memanfaatkan keberadaan taman baca masyarakat dengan maksimal,” jelasnya.

Melalui sosialisasi ini, pemerintah berharap wawasan pengetahuan yang dibagikan oleh para pemateri akan memperkaya sudut pandang serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendukung taman bacaan masyarakat.

“Untuk itu, ikuti kegiatan ini dengan baik, aktif terlibat dalam sesi tanya jawab dengan santai tapi serius untuk mendapatkan hasil yang diinginkan,” ucapanya.

Dr. Dumberbril memberi apresiasi kepada Ikatan Keluarga Baca Malinau (IKBM) yang telah berkontribusi nyata bagi upaya meningkatkan gemar literasi di Kabupaten Malinau.

"Teruslah Bersemangat dan Bekerjasama"
"Saya Ada Untuk Semua"
"Bersama Kita Pasti Bisa"
"Salam Harmonis Untuk Kita Semua"

Logo
Telepon Penting

rs malinau

 Rumah Sakit Umum
 (0553)2022218

rs malinau

 Penanggulangan Bencana
 (0553) 495997
 Hotline 085.2296.14151

rs malinau

 Pemadam Kebakaran
 (0553)21113

rs malinau

 Kapolres Malinau
 0553-21600

   

Kontak Kami

alamat malinau

 Alamat:
 Jl. Pusat Pemerintahan No.1,  Pemkab Malinau, KALTARA

email malinau

 Email:
 diskominfo@malinau.go.id

jam malinau

 Jam Buka:
 08.00 - 16.00

Informasi apa yang perlu ditambah pada website ini?